Mengupas Kiat Majunya UMKM di Kuningan Ala Komunitas KPUK

AKSARAJABAR.COM,KUNINGAN- Keresahan atas persaingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)di era Industri 4.0 menjadi salah satu landasan Komunitas Peduli Usaha Mikro Kecil Menengah (KPUK) menggelar diskusi santai bareng puluhan elemen masyarakat dari berbagai kalangan.

Hal itu disampaikan, Founder Komunitas KPUK, Achmad Mansyur saat menjadi moderator, di Kedai Salma Coffe Jl. Kertawagunan No 21, Agung, Kabupaten Kuningan, Kamis (17/10/2019).

“Kita melihat banyak yang gulung tikar, lemahnya literasi di bidang wirausaha, minimnya pendampingan umkm, minat generasi muda yang masih rendah menjadi latar belakang kegitan ini,” tegasnya.

Diskusi yang mengusung tema kiat- kiat sukses memulai dan membangun usaha bisnis anda, menghadirkan Kepala Dinas UMKM Kabupaten Kuningan, Ir. Bunbun Budhiyasa dan Anggota DPRD Fraksi Gerindra, Sri Laela Sari.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kuningan, Ir. Bunbun Budhiyasa, dalam pemaparan materinya memberikan beberapa kiat dalam berwirausaha.

Dalam kesempatan itu, Bunbun memberikan koreksi terhadap pelaku usaha yang memiliki mindset jika berwirausaha modal utamanya adalah finansial.

“Tadi disampaikan oleh panitia di awal, bahwa permasalahan yang dihadapi oleh anak-anak muda ketika akan melakukan usaha adalah modal kemudian baru pasar. Saya ingin mengoreksi itu, karena berdasarkan konsultasi saya dengan beberapa pimpinan bank pemerintah di Kabupaten Kuningan ternyata yang pertamanya adalah pasar. Kemudian baru modal finansial,” jelasnya.

Jika pasarnya sudah ketemu, kata Bunbun, dan permintaan pasarnya sudah ada, baru lah diperlukan modal finansial untuk itu.

“Sehingga dalam melakukan usaha itu jangan tergntung terkumpulnya,Bisa terlambat kalo begitu,” tegasnya.

Untuk memberi motivasi kepada peserta diskusi, diri nya meminjam kata- kata bijak dari dai kondang di Indonesia.

“Saya pinjem kata-kata bijak dari Aa Gym. Ketika memulai sesuatu, mulailah dari hal terkecil. Jadi lakukan niat baik itu sekarang juga,” tuturnya.

Foto bersama usai acara
Foto bersama usai acara

Sementara menurut Anggota DPRD Fraksi Parta Gerindra Kabupaten Kuningan, Sri Laelasari, komitmen akan membantu pelaku UMKM sesuai tufoksinya.

“Jika saya nanti dipercaya mengurusi di bidang perekonomian, saya akan menguatkan pelaku UMKM secara regulasi dan kebijakan- kebijakan. Misalnya ciri khas UMKM Kuningan seperti Batik Kuningan membudaya dikalang pemerintah Kabupaten Kuningan,” Jelasnya.

Sementara, salah satu inisiator komuntitas KPUK, Asep Papay, berharap kedepan harus lebih bersinergi lagi antara pelaku UMKM dengan pemerintah.

“Saya yakin kedepan pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan akan maju jika jalinan kerjasama terus berlanjut,” tukasnya.

(Ing)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker