FK UGJ Sosialisasikan BHD dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

AKSARAJABAR.COM, CIREBON — SMF Anestesi RSUD Waled bekerja sama dengan dokter muda dan Tim Bantuan Medis (TBM) Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunungjati (UGJ) Cirebon. Keduanya menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos) berupa sosialisasi bantuan hidup dasar (BHD) dan pemeriksaan kesehatan gratis saat momen car free day (CFD) di Stadion Bima Kota Cirebon, Minggu (17/12).

Kegiatan ini, turut dihadiri oleh Ketua SMF Anestesi, dr. Aris Sunaryo. Sp.An., M.Kes, yang turut memberikan penyuluhan kesehatan terhadap peserta kegiatan.

“Bantuan hidup dasar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat umum sebagai langkah awal untuk menangani korban yang tidak sadarkan diri,” kata Aris sunaryo.

kegiatan tersebut sebagai wujud pengabdian sosial terhadap masyarakat.  Setelah pemberian materi bantuan hidup dasar (BHD), para peserta mendapatkan pengecekan tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol dan asam urat.

Baca Juga :  Komandan Lanud Suryadarma Bersilahturahim Mengunjungi Bupati Purwakarta

Salah satu pembimbing dokter muda, dalam melakukan latihan simulasi bantuan hidup dasar dan anggota SMF anestesi RSUD Waled dr. Donny prasetyo, Sp An. Ia menjelaskan bahwa ilmu anestesi itu tidak hanya seputar ilmu bius atau dokter bius saja, namun ilmu anestesi ini melingkupi hampir semua kegawat daruratan.

“Dengan ilmu ini, masyarakat dapat tanggap dan cepat ketika terjadi kegawatan dimana pun dan kapan pun,” ungkap dr. Dony.

Ketua Panitia, Adhy Nugroho mengatakan ucapankan terimakasih nya stakeholder atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar, terima kasih kepada supervisor smf anestesi, fk ugj, tbm centromer, dan teman2 koas anastesi XI B yang telah memberikan dukungan sehingga acara ini dapat dilaksanakan,” jelas Adhy Nugroho.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close